Tumpahan Batu Bara Cemari 2 Pantai Di Aceh Barat

Tumpahan batu bara yang mencemari pantai di dua desa di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat telah dilaporkan beberapa hari terakhir. Hamparan batu bara yang belum diketahui siapa pemiliknya ini menyebabkan masalah bagi warga setempat karena belum dibersihkan.

Dua desa yang terdampak pencemaran batu bara tersebut adalah Desa Peunaga Pasi dan Peunaga Rayeuk. “Pencemaran batu bara di pantai ini sangat dikeluhkan oleh warga terutama para nelayan dan pelaku bisnis di sekitar pantai yang tercemar,” kata Mukhlis, kepala dusun di Desa Peunaga Pasi.

Tumpahan Batu Bara Cemari 2 Pantai Di Aceh Barat
Tumpahan Batu Bara Cemari 2 Pantai Di Aceh Barat

Menurut Mukhlis, pencemaran batu bara ini sudah terjadi sepekan lebih dan belum dilakukan pembersihan hingga saat ini. Oleh karena itu, masyarakat meminta pihak terkait untuk dapat turun tangan dan tidak membiarkan pencemaran batu bara tersebut tidak berlanjut di pantai.

Sedangkan Keuchik Peunaga Pasi, Anwardiwa mengatakan bahwa penanganan dari pencemaran batu bara tersebut pernah dilakukan dengan membersihkan akan tetapi hanya sebentar. Penangan tersebut terkesan tidak serius dan setengah hati karena tidak berkelanjutan.

“Kami minta pihak yang mencemari pantai tersebut agar bertanggung jawab untuk membersihkannya,” minta Keuchik Peunaga Pasi.

Anwardiwa mengaku bahwa dirinya tidak tahu siapa pemilik batu bara tersebut. Akan tetapi menurutnya selama ini ada dua perusahaan yang memiliki izin operasi batu bara di kawasan tersebut.

“Terhadap pencemaran limbah batu bara ini, kami harapkan bahwa mereka dapat bertanggung jawab dan jangan hanya sembunyi karena batu bara yang tumpah tersebut jumlahnya sangat banyak sekali,” tutupnya.

About: admin