Polda Babel Adakan Kegiatan Bersih Pantai

Polda Babel Adakan Kegiatan Bersih Pantai

Polda Babel menggelar kegiatan menghadap laut dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia di wilayah Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara mula dari apel pasukan yang dilanjutkan dengan bersih-bersih pantai. Proses pembersihan dilakukan tidak hanya di pinggir pantai akan tetapi juga di laut dengan menggunakan kapal karet. Polda Babel juga menurunkan penyelam untuk menyisir bawah laut. Kegiatan ini sendiri tidak hanya diikuti oleh jajaran di Polda Babel akan tetapi juga berbagai instansi pemerintah dan masyarakat umum.

“Harus diingat bahwa Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah laut terutama di Bangka Belitung yang terdiri dari 65% dari total luas wilayah sehingga harus dijaga dan dilestarikan,” kata Brigjen Pol Istiono.

Polda Babel Adakan Kegiatan Bersih Pantai
Polda Babel Adakan Kegiatan Bersih Pantai

Brigjen Pol Istiono sendiri menekankan bahwa sampah merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi Indonesia karena saat ini Indonesia berada di posisi kedua penyumbang sampah terbanyak di dunia setelah China.

Hal ini dianggap sangat memperihatinkan terutama karena sampah tersebut mayoritas adalah sampah plastik dan sampah yang tidak dapat diurai oleh alam. Sampah yang tidak dapat terurai tersebut sangat berbahaya untuk lingkungan. Oleh karena itu diperlukan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan peduli. Jangan sampai sampah tersebut semakin menumpuk dan merugikan nantinya.

“Mulai dari diri sendiri agar peduli sampah dan tidak membuang sampah sembarangan dengan membuang nya pada tempat yang sudah disediakan,” kata Brigjen Pol Istiono.

Pria dengan pangkat bintang satu tersebut menambahkan bahwa pantai dan laut di wilayah Babel merupakan aset berharga yang dimiliki oleh wilayah tersebut karena memiliki keindahan alam yang luar biasa bahkan pemerintah pusat telah menetapkan Pulau Belitung menjadi salah satu destinasi wisata nasional. Dengan status tersebut diharapkan bahwa Pulau Bangka juga dapat menyusul menjadi salah satu destinasi wisata nasional.

“Jaga kebersihan pantai di Bangka Belitung termasuk juga bawah lautnya yang memiliki potensi untuk menjadi wisata bawah laut,” kata Brigjen Pol Istiono.

Sinta yang merupakan siswa di salah satu SMA yang mengikuti acara tersebut mengakui bahwa dirinya terkadang miris melihat perilaku para pengunjung pantai yang masih suka membuang sampah sembarangan atau meninggalkan sampah begitu saja di pantai tanpa rasa bersalah. Sebagian menurut sinta bahkan marah-marah ketika diberi tahun untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Saling mengingatkan kalau ada yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Satu-satunya andalan Babel untuk wisata hanyalah pantai sehingga kalau pantai itu kotor apa yang bisa dijual oleh Bangka Belitung ini,” kata Sinta.

Kegiatan ini ditutup dengan makan bersama dengan makan liwet diatas daun pisang di pinggir pantai.

About: admin