PM India Narendra Modi Punggut Sampah Di Pantai Ketika Terima Kunjungan Presiden China

Perdana Menteri India Narendra Modi merilis sebuah video ketika memungut sampah di pantai yang berada di sebuah resort Kota Mamallapuram yang menjadi lokasi dari pertemuan antaranya dengan Presiden China, Xi Jinping.

Video tersebut diambil pada Sabtu pagi di luar resort yang dimilikinya sambil berolahraga di sela pertemuan dengan Presiden Xi. Modi terlihat memungut sampah botol plastik, kantong plastik dan kulit pisang dari pantai. Sampah yang terdampat di pantai tersebut mengganggu pemandangan.

“Memungut sampah di pantai pagi ini berlangsung selama lebih dari 30 menit. Juga menyerahkan yang saya punggut ke Jeyaraj, bagian dari staf resort,” cuit Modi di Twitter.

PM India Narendra Modi Punggut Sampah Di Pantai Ketika Terima Kunjungan Presiden China

“Mari kita pastikan bahwa tempat umum dapat bersih dan rapi. Mari kita pastikan juga kita tetap sehat dan bugar.”

Pada kesempatan tersebut, Modi juga mengajak Xi untuk melakukan tur ke Kuil Shore yang dibangun pada abad ke-7 dan monumen kuno lainnya yang dianggap menjadi bagian dari warisan dunia oleh UNESCO. Tempat-tempat yang dikunjungi oleh Modi dan Xi tersebut disterlikan dari pengunjung selama 2 hari pertemuan antara Modi dan Xi.

Beberapa kota di India tercatat sebagai kota dengan tingkat polusi tertinggi dan paling kotor di dunia seperti salah satunya Delhi dan Mumbai. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dan buruknya tata kelola kota.

Sementara itu, Modi mengkampanyekan untuk diakhirinya penggunaan dari plastik sekali pakai pada tahun 2022.

Kekhawatiran terhadap sampah plastik sekali pakai ini muncul diseluruh dunia terutama diwilayah lautan dimana sekitar 50 persen plastik sekali pakai tersebut dibuang ke laut ataupun terbawa arus hingga ke tengah lautan. Sampah plastik ini menjadi telah sangat mengancam biota laut dan mencemari lautan sehingga berpotensi untuk merusak rantai makanan manusia.

About: admin