Pantai Tiga Warna Di Malang Hanya Mengizinkan 100 Pengunjung Perharinya

Pantai yang berada di Malang ini memiliki keunikan tersendiri yaitu pada gradasi warna air lautnya. Kombinasi antara warna putih, biru muda dan biru tua menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berkunjung ke pantai yang berada dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation ini.

Secara geografis tidaklah mengherankan jika Malang memiliki beberapa pantai yang indah karena terletak dekat dengan Persisir Selatan Pulau Jawa.

Selain memiliki keindahan alam yang masih terjanga, pantai ini juga mengusung prinsip keseimbangan ekosistem sehingga tidak mengherankan jika pantai ini juga menjadi destinasi snorkeling.

Pantai Tiga Warna Di Malang Hanya Mengizinkan 100 Pengunjung Perharinya
Pantai Tiga Warna Di Malang Hanya Mengizinkan 100 Pengunjung Perharinya

Untuk melestarikan keindahan alamnya, pengelola pantai tersebut bahkan telah menerapkan aturan yang cukup ketat untuk para pengunjung. Pengelola pantai ini menerapkan sistem reservasi untuk pengunjung yang ingin berkunjung. Dalam satu hari, pengelola hanya membatasi pengunjung sebanyak 100 orang saja. Bahkan ketika pengelola pantai lain membuka selebar-lebarnya lokasi wisata mereka untuk pengunjung pada masa liburan panjang, pegelola pantai ini melakukan sebaliknya yaitu menutup total kawasan wisata.

Menurut pihak pengelola, kehadiran pengunjung dalam jumlah besar akan sangat berbahaya untuk ekologi pantai selain itu, pengelola pantai tidak memiliki sumber daya yang mencukupi untuk mengawasi jumlah pengunjung yang membludak ketika peak season.

“Ayo dolan kesini, Sebelum memasuki wilayah pantai, barang bawaan akan diperiksa dan dicatat terlebih dahulu terutama barang yang berpotensi menjadi sampah. Ketika pulang, bawaan pengunjung akan kembali diperiksa di pintu keluar. Setiap orang harus membawa pulang sampah mereka masing-masing. Jika ada perbedaan barang yang dibawa masuk dan dibawa keluar maka pengelola tidak akan segan-segan menjatuhkan denda yang lumayan besar. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kebersihan! Foto dolan dari @felicia.agatha05,” tulis Instagram @Ayodolan.

Keindahan Pantai Tiga Warna ini hampir menyerupai pantai di Bali. Perbedaannya adalah pantai ini tidaklah begitu ramai dibandingkan pantai di Bali sehingga pengunjung masih bisa memiliki sedikit privasi dipantai ini. Untuk keindahannya, air pantai ini juga sangat jernih bahkan terkadang anda dapat melihat penampakan ikan dan juga terumbu karang yang indah dari permukaan laut.

Pantai Tiga Warna Di Malang Hanya Mengizinkan 100 Pengunjung Perharinya
Pantai Tiga Warna Di Malang Hanya Mengizinkan 100 Pengunjung Perharinya

Selain snorkeling, berenang dan bermain air, anda juga dapat mencoba untuk menjelajahi pantai tersebut sambil menikmati panorama yang masih asri, bersih dan terlindungi dengan baik.

Pantai Tiga Warna ini berada di wilayah yang sama dengan Pantai Clungup dan Pantai Gatra yang berada sekitar 71 km dari Kota Malang. Untuk mencapai pantai ini anda harus menghabiskan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota malang. Akses menuju pantai ini juga sudah cukup bagus dan mulus sehingga dapat dilalui dengan mudah oleh kendaraan bermotor ataupun roda empat.

Dari pos tiket masuk, anda harus berjalan sekitar 2 kilometer untuk mencapai garis pantai. Jalanan tersebut berupa turunan sempit. Setiap pengunjung akan didampingi oleh seorang guide. Satu guide akan memandu satu rombongan yang terdiri dari 10 orang. Jika anda datang dibawah 10 orang maka kemungkinan anda akan digabungkan dengan kelompok lain. Biaya per guide ini dikenakan Rp 100 ribu per rombongan.

Bagi anda yang ingin mendirikan tenda, bisa dilakukan di pantai lain seperti Pantai Gatra yang masih satu lokasi dengan Pantai Tiga Warna ini.

Mengunjungi Pantai Tiga Warna ini juga berarti anda berlibur ke beberapa pantai sekaligus yaitu Pantai Clungup dan Pantai Gatra.

Pantai ini juga menyediakan fasilitas penyewaan tenda bagi anda yang ingin camping atau bermalam dipantai. Selain itu tenda tersebut juga terdapat penginapan yang dapat disewa. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu.