Menikmati pantai indah dengan taman cantik di Gunungkidul yang memukau

Mengunjungi pantai biasanya yang dicari adalah pemandangan laut dengan suasana yang tenang. Kalau bonus taman cantik, jadi kombinasi sempurna nih!
Seperti tidak ada habisnya, Kabupaten Gunungkidul kembali memiliki tempat wisata Pantai yang patut untuk dikunjungi. Seperti Pantai Ngrawe, Pantai yang berada tepat di sebelah barat Pantai Kukup ini memiliki taman yang sangat instagramable.
Berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Pantai Ngrawe dapat dicapai dengan perjalanan darat sekitar 2 jam dari jantung Kota Yogyakarta. Rute yang dilalui juga terbilang mudah, mengingat pengunjung hanya perlu menentukan tujuan ke pintu masuk Pantai Kukup.
Nantinya, sebelum sampai di simpang 3 Pantai Kukup, pengunjung disarankan berbelok ke arah kanan, tepatnya menuju jalan aspal yang di sampingnya terdapat tulisan ‘Pantai Mbuluk’. Menyusuri jalanan aspal tersebut, nantinya pengunjung akan menemui jalanan yang terdiri dari bebatuan kapur.Sampai di sini, pengunjung harus sedikit berhati-hati karena kontur jalan menuju Pantai Ngrawe naik turun. Setelah 5 menit perjalanan, pengunjung akan menemukan simpang 3 yang terdapat penunjuk jalan ke Pantai Ngrawe daa Pantai Mbuluk, di sekitar simpang 3 itu terdapat area parkir.
Perjalanan pun belum usai, setelah memarkirkan kendaraannya, pengunjung harus berjalan kaki ke arah barat menyusuri jalan setapak dengan kontur naik turun. Tak memakan waktu hingga 5 menit, nantinya pengunjung sampai di Pantai Ngrawe.
Meski lelah berjalan, semua itu akan terbayar lunas dengan hamparan pasir putih, suara deburan ombak dan semilir angin di Pantai Ngrawe. Berjalan lebih jauh, pengunjung akan mendapati sebuah taman dengan hamparan rerumputan hijau di pinggir Pantai tersebut.
Tak hanya itu, beberapa kursi tampak terpasang di setiap sudut taman, lengkap dengan pohon palem yang membuat suasana semakin asri. Hal itu membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Ngrawe, bahkan karena nuansa Pantai yang berbeda dengan Pantai lainnya membuat pengunjung mengantri untuk berselfie ria di taman dengan background Pantai.Salah seorang pedagang di Pantai Ngrawe, Rudi S (30) mengatakan, bahwa Pantai tersebut tergolong masih baru dan saat ini masih dalam pengembangan oleh pengelola Pantai Ngrawe. Bahkan, menurut Rudi, pengembangan Pantai Ngrawe belum mencapai 20 persen dari target.
“Kawasan Pantai Ngrawe ini dulunya berisi kebun jagung dan tanaman pandan laut, terus sekitar 2 tahun ini mulai dikembangkan secara bertahap sama pengelolanya,” ujarnya saat ditemui Kabarberita di Pantai Ngrawe, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.
“Karena itu, Pantai Ngrawe sebetulnya belum secara resmi dibuka, dan kalau ke sini (Pantai Ngrawe) harus lewat jalan setapak dari sana (Pantai Mbuluk),” imbuh Rudi.