Melihat pasir pantai di NTB yang digali secara ilegal

Kabupaten Dompu di NTB memiliki deretan pantai yang menarik dikunjungi. Tapi sayangnya, ada penggalian pasir pantai secara ilegal.

Itu terjadi di Pantai Wadu Jao, di Desa Jambu, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai ini pasirnya dikeruk atau digali dalam jumlah yang besar. Pasir yang digali kemudian diangkut dengan menggunakan mobil dum truck lalu diperjual belikan oleh warga yang tidak bertanggung jawab.

Akibatnya, beberapa titik galian di bibir pantai tersebut merusak pandangan keindahan pantai. Terkait kejadian tersebut, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Dompu langsung meninjau lokasi penambangan dan menemukan bekas galian.”Kami dapatkan info itu kemarin, tadi kami langsung turun dan menemukan bekas galian beberapa titik dengan kedalaman mencapi 5-10 meter,” ungkap Kepala Bidang Lingkungan Hidup, Ando Bahtiar pada Kabarberita.Andi mengatakan, pasir pantai tersebut kerap dilakukan penambangan secara illegal meski sudah ditegur oleh pemerintah desa setempat. Terakhir pelaku penambang pasir berhasil diketahui identitasnya dan telah mintai pertanggungjawaban oleh pengelola pantai.

“Sering ditambang secara illegal oleh warga yang tidak beRtanggungjawab. Pelaku ini sudah ditangkap dan dimintai pertanggungjawaban oleh pemerintah desa, Babinsa dan Babinkantibmas. Pelaku merupakan warga desa lain dan bukan warga desa Jambu,” jelasnya.

Dikatakan Andi, pasir pantai sangat dilarang untuk ditambang atau digali karena daerah wisata, juga dapat merusak ekosistem alam. “Kita telah menghimbau warga melalui pemerintah desa untuk melarang siapapun agar tidak melakukan penambangan pasir pantai,” katanya.Tak hanya savana, Dompu terkenal pula dengan keindahan pantainya. Pantai Wadu Jao misalnya, begitu menawan dan menarik buat spot foto prewedding.

Kabupaten Dompu memiliki banyak keindahan yang tak kalah jauh berbeda dengan daerah-daerah lainnya di Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu buktinya adalah Pantai Wadu Jao yang cantik.Pantai ini berlokasi di Desa Jambu, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu.

detikTravel belum lama ini berkesempatan berkunjung ke pantai. Warga setempat memberi nama pantai ini Wadu Jao. Wadu berarti batu atau batu karang, jao berarti warna hijau. Sehingga saat berada di pantai akan menikmati pemandangan batu karangnya yang berwarna hijau muda, yang mungkin tidak pernah traveler temukan di tempat lain.Jika traveler berencana datang ke Dompu, tentunya jangan lupa mampir ke pantai ini. Jaraknya cukup dekat dengan pusat Kota Dompu, hanya butuh waktu tempuh satu jam saja untuk sampai di lokasi ini.

Selama perjalanan menuju pantai, traveler akan ditemani pemandangan yang cantik mulai dari tambak-tambak ikan warga Desa Mbawi yang terkenal di Dompu, dan juga perkebunan tembakau, jagung hingga tanaman sayur-sayuran segar lainnya.

Ketika sampai di pantai ini, bakalan dikejutkan dengan pemandangan perbukitan yang membentuk sebuah pulau kecil. Lokasinya sangat dekat dengan bibir pantai. Pantainya pun luas dengan pasir putih kecoklatan dan batu-batu besar.

Tags: , ,