Kemunculan Puluhan Hiu Di Nusa Dua Bali Hebohkan Jagat Maya

Gerombolan hiu berjenis Blacktip terlihat di perairan pantai Pulau Peninsula, Nusa Dua, Badung, Bali dalam beberapa hari terahir ini. Munculnya hitu tersebut dianggap tidak akan membahayakan karena alamiah sehingga tidak perlu di khawatirkan oleh para pengunjung ataupun masyarakat sekitar.

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, Suko Wardono menjelaskan bahwa munculnya hiu tersebut dikarenakan mengikuti mangsanya yang bermigrasi. Selain itu wilayah perairan sekitar Pulau Peninsula juga telah memasuki musim ikan seperti pelagis, tongkol, lemuru dan kembung.

“Ini menurut para nelayan di sekitar sana memang tengah memasuki musim ikan yang dimana ikan tersebut merupakan favorit dari hiu sehingga hiu datang,” kata Suko.

Kemunculan Puluhan Hiu Di Nusa Dua Bali Hebohkan Jagat Maya
Kemunculan Puluhan Hiu Di Nusa Dua Bali Hebohkan Jagat Maya

Dirinya meminta kepada para warga dan pengunjung untuk tidak sedikit pun mendekati daerah dimana hiu tersebut muncul dikarenakan hiu merupakan salah satu predator yang sangat berpotensi menjadi buas.

“Jangan terlalu didekati. Hiu itu kan hewan buas dan juga predator. Kalau ada yang bear tentu akan sangat membahayakan. Karena semakin besar maka akan semakin buas,” jelasnya.

Sementara itu, Pariama Hotasoit yang merupakan seorang penyelam dari Nusa Dua Reef Foundation mengatakan bahwa penampakan ikan hiu tersebut sudah terjadi seminggu terakhir. Dirinay mulanya tahu dari video yang viral di media sosial tersebut.

“Saya sendiri dapat kabar dari kawan di dekat lokasi bahwa sudah terlihat satu minggu terakhir. Kalau saya tahunya pertama kali dari video di media sosial.

Saya tidak tahun berapa banyak jumlah pastinya tetapi banyak dan menurut apa yang disampaikan oleh kawan tersebut diperkirakan jumlahnya sekitar 60 hingga 70 ekor,” katanya.

Dari pengamatan, hiu tersebut memiliki jenis Blacktip. Hiu ini dikenal memiliki habitat disekitar area terumbu karang yang berada di Indo Pasifik.

Hiu Blacktip ini tergolong hiu yang tidak agresif dan cenderung menjauh jika didekati.

About: admin